3 Tips menyimpan sayuran di kulkas agar tidak cepat busuk

Apakah cara menyimpan sayuran dikulkas atau lemari es sama seperti ketika kita menyimpan buah-buahan? Perlua nada tahu bahwa cara menyimpan sayuran sedikit berbeda dengan cara menyimpan buah-buahan dikulkas. Sayuran akan lebih cepat busuk dibandingkan dengan buah. Jadi cara menyimpan kedua makanan tersebut berbeda. 


Untuk menjaga sayuran tetap segar dan tidak mudah busuk, simpanlah di dalam kulkas/ lemari es. Tetapia nada juga perlu memperhatikan beberapa cara menyimpan sayuran dikulkas berikut ini agar tetap layak dikonsumsi dan tidak mudah busuk. Berikut cara menyimpan sayuran dikulkas: 

1. Sortir sayuran sebelum disimpan 

Meskipun sayuran baru dibeli di supermarket atau dipasar, namun terkadang ada daun sayuran yang sudah menguning atau kecoklatan. Daun sayuran yang menguning ini sering kali kita temukan pada bayam atau kangkung. Buanglah bagian sayuran yang sudah menguning sebelum disimpan di kulkas. Sisihkan sayur sayuran yang masih segar untuk disimpan di dalam kulkas. Buanglah akar pada sayuran untuk menjaga kualitas sayuran agar tetap fress dan bersih. 

2. Cuci sayuran sbelum disimpan 

Ketika menyimpan buah, kita tidak diperbolehkan untuk mencuci buah tersebut agar tidak cepat busuk. Begitu juga dengan sayuran, ada yang mengatakan bahwa sayuran uga tidak perlu dicuci ketija akan dimasukan de dalam kulkas. Maka, cara manakah yang benar dalam menyimpan sayuran. 

Cara menyimpan sayuran di lemari es yang benar yaitu dengan mencuci seluruh bagian sayuran hingga bersih. Jika dibutuhkan gunakan sabun anti bakteri untuk mencuci sayuran. Jika proses pencucian selesai, kemudian anda harus mengeringkan sayuran dengan cara diangin-anginkan dean mengelap sayuran hingga benar-benar kering baru dimasukan kedalam lemari es. 

3. Pisahkan sayuran denga buah-buahan 

Untuk mejaga sayuran tetap segar setiap saat, anda harus menyimpan sayuran secara terpisah dengan buah. Mengapa demikian? Karena sayuran lebih muda busuk dibandingkan dengan buah? Perlu anda ketahui bauh-buahan dapat menghasilkan zat etizen. 

Meskipun dalam kulkas dengan suhu rendah, buah tetap bisa memproduksi zat etilen yang akan mempercepat kematangan sayur dan bauh jadi proses pembusukan juga terjadi lebih cepat. Jika ingin sayuran bisa bertahan 3 hari dalam lemari es tanpa membusuk, simpanlah pada rak kulkas tanpa berdampingan ;angsung dengan buah-buahan.
Related Posts

Disqus Comments
© Copyright 2017 Tulisan Rowan Colemans- Diberdayakan oleh Blogger