tips hilangkan rasa panas ditangan setelah mengholah caba

Membayangkan makan nasi panas dengan sambal yang sangat pedas sudah pasti sangat menggugah selera. Tetapi, mungkin anda malas jika membayangkan harus mengolah dan mengulek cabainya terlebnih dahulu menjadi sambal. Karena, tangan anda akan terasa panas akibat cabai. Jangan khawatir, atasi dengan tips dibawah ini. 

Mengapa cabai dapat membuat tangan menjadi panas? 


Selain menimbulkan rasa panas pada perut setelah mengkonsumsinya, cabai kerap menimbulkan efek yang sama ditangan. Biasanya rasa panas muncul pada tangan anda stelah anda mengulek cabai atau memotong-motong. Mengapa bisa begitu? 

Ternyata cabai mengandung senyawa kimia yang disebut capsaicin. Senyawa inilah yang membuat perut atau tangan anda terasa panas dan terbakar. Capsaicin mengikat dsan merangsang reseptor rasa sakit. Akibatnya jika reseptor tersebut diaktifkan tak heran jika anda merasa sensaki panas dan terbakar. 

Meski menghasilkan sensasi panas terbakar, capsaicin ini tidak akan membuat anda mengalami luka bakar atau kerusakan jaringan. Hal ini karena molekul pada capsain hanya berikatan saja dengan reseptor rasa sakit disekitar tangan anda. 

Bagaimana cara mengatasi tanagn panas akibat cabai 

Sebenernya untuk mencegah sensasi panas ditangan akibat cabai pakailah sarung tangan saat memasak. Namun, hal ini disara sangat merepotkan atau justru terlupakan anda bisa mengatasi tangan panas dengan pilihan cara dibawah ini: 

1. Cuci tangan dengan sabun pencuci piring 

Ketika rasa panas mulai menyerang, segera bilas tangan anda dengan sabun pencuci piring. Gosok sabun pencuci piring ke seluruh bagian telapak tangan dan juga bawah kuku. Biasanya sabun cuci piring lebih mudah menghilangkan minyak pada canai yang menempel ditangan dari pada sabun pencuci tangan biasa. Lalu bilas menggunakan air hingga bersih. 

2. Menggosok tangan dengan minyak zaitun 

Minyak zaitun tidak hanya bagus sebagai sumber lemak baik untuk tubub tetapi juga baik untuk menghilangkan capsaicin pada tangan. Anda hanya perlu menggosokkan minyak zaitun ke tangan untuk menghilangkan sisa minyak cabai yang menempel pada tangan. Tunggu 1 atau 2 menit sebelum anda bilas dengan air dan sabun pencuci piring. 

Related Posts

Disqus Comments
© Copyright 2017 Tulisan Rowan Colemans- Diberdayakan oleh Blogger