Mengenal Peralatan Medis Di Dalam Ruang NICU

NICU (Neonatal Intensive Care Unit) merupakan ruang khusus yang dipergunakan untuk merawat pasien neonatal atau bayi yang baru lahir. Unit NICU biasanya ada di semua jenis rumah sakit, terlebih lagi rumah sakit khusus bersalin. Sebenarnya NICU ini hampir sama dengan ICU, namun pasien dikhususkan untuk bayi yang baru lahir yang membutuhkan perawatan intensive. 

ruang nicu dan peralatan di dalamnya

Untuk mendukung tugas dan peranan ruangan ini dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, mulai dari tenaga medis yang selalu siaga 24 jam, instalasi farmasi yang lengkap, serta peralatan medis yang memadai. Berikut ini beberapa macam peralatan medis yang terdapat di dalam ruangan ini lengkap dengan penjelasan singkatnya. 

# Inkubator Bayi

Bayi baru lahir, atau neonatal erat sekali kaitannya dengan inkubator. Inkubator Bayi bisa kita katakan sebagai tempat paling nyaman setelah rahim ibunya. Alat ini biasanya digunakan secara intensive untuk merawat bayi yang terlahir secara prematur dengan beberapa permasalahan kesehatan tertentu. Inkubator dilengkapi berbagai macam instrument yang digunakan untuk mendukung proses perawatan bayi di dalamnya. 

# Lampu Fototerapi

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada bayi - bayi yang dilahirkan di rumah sakit. Namun demikian, segala macam peralatan lengkap harus tersedia di dalam ruangan tersebut, seperti halnya lampu fototerapi ini. Lampu ini digunakan untuk pasien bayi baru lahir yang bermasalah dengan bilirubin atau yang sering disebut dengan istilah bayi kuning. Lampu ini berfungsi untuk terapi hingga kadar bilirubin kembali normal. 

# Infant Warmer

Seperti halnya dua alat yang sudah kita sebutkan diatas, Infant Warmer juga memiliki fungsi tertentu untuk proses perawatan dan tindakan terhadap pasien neonatal di rumah sakit. Infant Warmer digunakan untuk memberi terapi hangat kepada bayi yang mengalami hipotermia atau suhu tubuhnya menjadi sangat rendah. Hal ini juga sering terjadi pada bayi prematur karena sistem organnya yang belum sempurna sehingga daya tahan tubuhnya serta respon terhadap suhu lingkungan belum kuat. 

Beberapa macam alat yang saya sebutkan diatas hanya sekedar contoh kecil peralatan medis yang terdapat di ruang NICU. Tentu saja terdapat lebih banyak lagi peralatan di dalamnya guna kebutuhan perawatan bayi dengan intensif dan optimal.
Related Posts

Disqus Comments
© Copyright 2017 Tulisan Rowan Colemans- Diberdayakan oleh Blogger