Makanan Penambah Darah




Anemia merupakan kondisi umum yang bisa menyebabkan sel darah merah. Sel darah merah yang jumlahnya sedikit dapat menyebabkan pengantaran oksigen dan nutrisi. Untuk itu tubuh kita membutuhkan banyak vitamin, mineral dan nutrisi untuk memproduksi sel darah merah yang memiliki jumlah yang cukup banyak.

Asupan nutrisi memiliki banyak faktor:

·         Kurangan asupan nutrisi tertentu
·         Riwayat keluarga
·         Usia
·         Gangguan usus
·         Efek samping oprasi

Ada berbagai nutrisi yang harus anda penuhi agar produksi sel darah merah anda tercukupi diantarnya:

1.       Zat besi

Anda harus mengonsumsi zat besi yang cukup karena kekurangan zat besi akan memicu anemia atau kekurangan darah. Ada dua macam bentuk zat besi yaitu zat besi heme dan zat besi non-heme. Contoh makanan yang terdapat zat besi heme diantaranya adalah daging merah(daging sapi dan kambing), daging unggas, jeroan(ati dan ampela), ikan serta kerang kerangan. Dan zat besi non-heme terdapat dalam makanan nabati seperti sayuran hijau,buah-buahan,kacang-kacangan,dan biji-bijian.

2.       Zat tembaga

Zat tembaga merupakan zat mineral yang dibutuhkan yuntuk meningkatkan produksi sel darah merah. Contoh makanan yang mengandung zat tembaga diantaranya adalah kacang, daging unggas seperti ayam dan bebek, gandum utuh, coklat, buah ceri dan makanan laut seperti kepiting udang.

3.       Asam folat

Asam folatyang bisa disebut vitamin B9 juga mampu meningkatkan sel darah merah dalam tubuh. Kekurangan asam folat pada tubuh bisa mangakibatkan anemia. Dan untuk mencegahnya anda bisa mengonsumsi makanan penambah darah yang kandungan darahnya cukup tinggi, contohnya kacang polong, kacang merah, kacang hijau dan sayur-sayuran.

4.       Vitamin b12

Vitamin B juga mampu meningkatkan sumsum tulang yang membentuk sel darah merah. Apabila anda ingin mendapatkan vitamin B12 melalui barbagai jenis makanan contohmya, sayur dan buah-buahan namun sangat sulit untuk ditemukan.

5.       Vitamin B6

Vitamin B6 juga hampir sama dengan vitamin B12 yang bisa membantu pembentukan sel darah merah bagi orang yang kurang darah. Untuk mengatasinya anda bisa mengonsumsi contohnya, nasi,gandum,sereal dan kacang-kacangan.

Related Posts

Disqus Comments
© Copyright 2017 Tulisan Rowan Colemans- Diberdayakan oleh Blogger