Cara menjaga kesehatan mata



Kita mungkin sering lupa untuk merawat mata. Padahal mata merupakan termasuk dalam lima indera terpenting dalam tubuh manusia. Tanpa mata kita tidak bisa melihat keindahan dan wajah orang-orang terdekat kita. Untuk itu kita wajib menjaga kesehatan mata kita.

Berikut cara untu menjaga mata: 

1. Makan banyak buah-buahan dan sayuran 

 Wortel serat beta karoten akan membatu dalam menjaga kesehatan mata. Dikarenakan beta karoten merupakan antioksidan yang dapat mengurangi antioksidan risiko degenerasi makula.

 2. Hindari memakai lensa kontak selama lebih dari 19 jam 

 Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata anda. Jangan pula memakai kacamata terlau lama.

 3. Kurangi penggunaan tetes mata 

 Mengurangi penggunaan obat tetes mata. Menggunakan tetes mata untuk mengatasai mata merah boleh saja, namun jangan keseeringen. Jika berlebihan itu malah akan merusak kesehatan mata anda. 

4. Gunakan mentimun 

 Taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur dimalam hari untuk mencegah bengkak.

 5. Pakailah kacamata hitam pelindung UV

 Gunakan lensa yang terpolarisasi bukan hanya sekedar lensa yang gelap. Kacamata hitam pelindung UV diperlukan untuk melawan paparan dari sinar mata matahari.

 6. Hindari duduk telalu lama di depan komputer 

 Untuk menjaga kesehatan mata cobalah hindari untuk tidak membiasakan terlalu banyak waktu di depan komputer. Hal ini juga dapat melelahkan mata.

 7. Kenakan kacamata di saat yang tepat 

 Pastikan untuk memakai kacamata atau memakai pelindung mata lainnya ketika bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya.

 8. Jangan membaca dalam cahaya redup 

 Untuk menjaga kesehatan mata hindari membaca dalam cahaya mata yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk istirahat sementara.

 9. Melatih mata dan membuatnya untuk bersantai 

 Cobalah memfokuskan mata pada suatu objek yang dekat dengan anda, sebuah objek yang jauh. Ulangi proses beberapa kali. Duduklah tempatkan siku di pinggul tutup mata dengan telapak tangan anda.
Related Posts

Disqus Comments
© Copyright 2017 Tulisan Rowan Colemans- Diberdayakan oleh Blogger