Manfaat wortel untuk bayi



Wortel merupakan sayuran yang banyak tersedia dan mudah didapat di mana saja baik di pasar tradisional maupun swalayan besar. Wortel banyak memiliki populer baik sebagai bahan masakan atau dibuat jus, wortel juga memiliki rasa yang bahkan enak dikonsumsi langsung.

 Manfaat wotrel untuk bayi antara lain: 

1. Menjaga kesehatan mata 

 Kandungan betakroten pada wortel juga berfumgsi utuk menjaga dan memperbaiki kondisi mata akibat kekurangan vitamin A. Dikarenakan sifat antioksidannya yang dapat mencegah timbulnya katarak pada mata khususnya pada mata bayi.

 2. Sebagai sumber vitamin dan mineral terbaik 

 Wortel merupakan salah satu sayuran kaya nutrisi yang sangat bagus untuk kesehatan bayi. Selain itu juga banyak kandungan vitamin lainya seperti vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium. Sumber kalsium dan magnesium yang baik, yang berguna untuk pembentukan tulang pada bayi. Kandungan zat besinya pun berperan penting dalam memproduksi hemoglobin. Serta kandungannya yang tinggi Vitamin C membantu menjaga dan meningkatkan sistem imunitas tubuh dan mencegah timbulnya infeksi. Manfaat dari wortel ini dapat dinikmati oleh semua tingkatan usia baik tua, muda, anak-anak dan juga bayi yang sedang belajar makan bahkan termasuk dalam vitamin yang dibutuhkan untuk ibu menyusui.

 3. Membantu melancarkan pencernaan 

Memasak wortel dengan cara di steam(kukus) dan menghaluskannya membuat wortel mudah dicerna bayi, dan membantu sekresi enzim dalam pencernaannya. Jika bayi rutin mengkonsumsi wortel ini dapat membantu mencegah bayi terkena asam lambung, yang menjadi penyebab bayi sering muntah.

4. Mengatasi sembelit secara alami 

Masalah susah buang air besar ternyata tidak hanya dialami oleh orang dewasa namun bayi juga. Ini terjadi karena tinja atau feses didalam usus bayi mengeras hingga menjadi penyebab bayi susah buang air besar. Kondisi semacam ini bisa membuat bayi menjadi rewel dan cengeng. Serat dalam wortel akan membantu mencegah sembelit, ini karena serat berfungsi menyerap air juga menjadikan feses lebih lunak, sehingga dapat bergerak dengan mudah melalui usus. Dengn rutin mengkonsumsi wortel bayi akan terhindar dari sembelit.

5. Membantu mengatasi diare 

Infeksi parasit, bakteri, atau virus seringkali menjadi penyebab diare pada bayi. Daya tahan tubuhnya yang masih dalam tahap perkembangan membuat bayi lebih rentan terkena diare. Saat diare menyerang bayi, keseimbangan air dan garam (elektrolit) pada tubuh bayi menjadi terganggu. Memberikan bayi sup wortel yang hangat dapat menggantikan cairan yang hilang akibat diare yang dialami bayi dan jugan mencegah dehidrasi. Namun bila diare tetap berlanjut segera hubungi dokter terdekat untuk pengobatan lebih lanjut.
Related Posts

Disqus Comments
© Copyright 2017 Tulisan Rowan Colemans- Diberdayakan oleh Blogger